Cara Backup Dan Restore No Kontak di Android Dengan Mudah

Backup merupakan suatu proses dimana Kita mencadangkan/menyalin data-data pada smartphone android yang berguna untuk mengembalikan data bila sewaktu-waktu data yang Kita miliki hilang, apalagi data tersebut sangatlah penting untuk Kita, misalnya no hp saudara jauh yang mana bila hilang akan susah berkomunikasi karena no hp sudah hilang atau mungkin foto kenangan dengan saudara.

Mungkin sebagian diantara pembaca artikel ini ingin mengganti no hp sehingga harus memasukan kembali no hp kontak lama ke no baru. Sebelumnya Saya pun pernah melakukan hal tersebut dan tentunya caranya juga sangat mudah, bila Kita memasukan satu persatu no hp ke kontak, hal tersebut justru akan memakan waktu yang cukup lama, apalagi no kontak yang sobat miliki sangat banyak pastinya akan membuat kesal karena harus terus menerus memasukan no hp.

Baca Juga : Cara Cepat Backup Aplikasi & Game di Android

Untuk itulah pada artikel kali ini, Saya akan memberikan cara backup no kontak pada hp android dengan sangat mudah. Tanpa basa basi lagi, simak artikel berikut ini.

Cara Backup Kontak Smartphone Dengan Mudah.

Cara backup kontak yang Saya gunakan ini memiliki 2 cara, yang pertama tanpa menggunakan aplikasi apapun, sedangkan untuk cara yang kedua memakai aplikasi bantuan. Langsung saja Kita lakukan menggunakan metode pertama.

Backup :
  • Metode pertama ini tanpa menggunakan aplikasi bantuan. Caranya cukup mudah, pertama-tama sobat tinggal buka kontak untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah ini.
  • Setelah terbuka, langkah selanjutnya adalah dengan mengklik titik tiga dibagian sudut kanan atas sebelah logo pencarian.
  • Setelah sobat mengklik titik tiga tersebut, langkah selanjutnya adalah dengan menekan import/export.
  • Bila sudah, sobat tinggal tekan tulis export untuk memulai backup. Bila sobat ingin membackup no kontak ke memori internal maka tinggal pilih tulisan Export to internal storage. Sebaliknya bila sobat ingin membackup kontak ke kartu SD, maka pilih Export to external storage.
  • Cara selanjutnya, sobat tinggal pilih no kontak mana saja yang akan sobat backup dengan cara mencentang kotak dari sebelah kanan nama. Bila sobat ingin membackup semua kontak, sobat tinggal centang kotak select all, bila sudah, sobat tinggal tekan Done dan tunggu beberapa saat hingga backup selesai.
Restore :
  • Lalu bila sobat ingin mengembalikan no kontak yang tadi sudah di backup, sobat tinggal klik titik tiga seperti tadi, lalu pilih import/export.
  • Cara selanjutnya adalah dengan mengimport file kontak yang sudah dibackup tadi. Pilih sesuai tempat backup file. Bila sobat membackup no kontak tadi di internal, maka yang perlu sobat lakukan adalah dengan menekan tulisan Import from internal storage. Sebaliknya, bila sobat membackup file di kartu SD, maka sobat pilih Import from external storage.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses selesai, lalu sobat pilih Import one vCard file dan klik ok.
  • setelah itu, step terakhir yang harus dilakukan adalah dengan memilih file backup kontak sobat, disini Saya memilih file contacts paling atas lalu klik ok. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai dan kontak akan kembali seperti semula.
Cara diatas itu merupakan metode pertama yang tidak menggunakan aplikasi bantuan. Lalu untuk cara keduanya menggunakan aplikasi bantuan bernama contact backup yang dapat sobat unduh secara gratis lewat playstore.

Backup :

  • Cara kedua ini sangat mudah untuk dilakukan, pertama sobat harus membuka terlebih dahulu aplikasi contact backup, lalu pilih backup dibagian kiri atas.
  • setelah itu, sobat centang mana saja yang diperlukan, disini Saya hanya mencentang Email dengan format VCF, lalu klik BackUP dan tunggu hingga proses selesai 100%.
Restore :
  • Bila sobat ingin mengembalikan data kontak yang sudah di backup tadi, sobat hanya perlu menekan Restore dibagian kanan atas seperti gambar tadi. Lalu pilih From Application dan tekan Restore Now.
  • Setelah itu, sobat tinggal pilih file kontak mana yang mau di restore lalu tekan dan pilih Restore Contacts.
  • Setelah menekan Restore Contacts, nanti akan ada pesan seperti gambar dibawah ini, sobat tinggal klik OK lalu tunggu hingga proses berjalan sampai 100% dan kontak akan kembali seperti semula.
Itulah Cara backup no kontak yang ada pada smartphone. Bila sobat masih belum mengerti atau mempunyai tambahan mengenai artikel ini, jangan sungkan untuk menulisnya dikolom komentar.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Backup Dan Restore No Kontak di Android Dengan Mudah"