Cara Cepat Backup Aplikasi & Game di Android


Melakukan Backup pada aplikasi maupun data pada android merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan, karena dengan membackup data maupun aplikasi di android, aplikasi yang sudah sobat backup tersebut dapat tersimpan pada memori internal maupun eksternal, jadi sobat tidak perlu khawatir bila aplikasi yang sobat sudah install terhapus.

Bayangkan saja, bila sobat sudah cape-cape mengunduh berbagai aplikasi dan game pada android dengan mengorbankan paket data yang sobat miliki, namun aplikasi dan game sobat yang sudah diinstall tadi malah terhapus, tentunya hal ini akan membuat sobat sangat kesal karena aplikasi yang sudah diunduh tadi terhapus, apalagi bila mengunduh aplikasi tersebut menggunakan paket data, berapa banyak paket data yang sudah termakan sia-sia karena menjadi tidak bermanfaat.

Beberapa waktu lalu juga Saya melakukan backup pada aplikasi android, dikarenakan ingin melakukan factory data res
et pada android agar bisa kembali seperti semula pembelian, mungkin sobat juga ingin mereset factory sehingga harus membackup terlebih dahulu aplikasi agar tidak perlu mengunduh kembali.

Baca Juga : Cara Backup No Kontak di Android Dengan Mudah

Pada artikel kali ini, Saya akan memberikan tata cara untuk membackup aplikasi maupun game pada android menggunakan App Backup & Restore dengan sangat mudah.

Cara Backup Aplikasi & Game di Android

Sebelum pada pembahasan, pastikan Sobat telah mengunduh aplikasi bernama App Backup & Restore yang dapat diunduh lewat play store secara gratis, selain menggunakan aplikasi ini, sobat juga bisa menggunakan aplikasi lainnya, namun menurut Saya aplikasi ini sangat cocok untuk sobat yang ingin membackup aplikasi dan game, selain itu aplikasi ini memiliki ukuran yang sangat kecil tidak sampai 5 MB. OK langsung saja berikut ini caranya :

  1. Setelah mengunduh aplikasi bernama App Backup & Restore, sobat bisa buka aplikasi tersebut.
  2. Lalu pilih aplikasi mana saja yang ingin sobat backup, disini Saya akan mencoba untuk membackup aplikasi bernama ColorNote, sebelum itu bisa sobat lihat bagian kanan sudut atas terlihat bacaan send dan delete, bila sobat ingin mengirimkan aplikasi tersebut tinggal pilih send lalu kirimkan dengan bluetooth atau shareit, sedangkan bila sobat ingin menghapus aplikasi, sobat tinggal centang aplikasi mana yang ingin dihapus lalu tekan delete.
  3. Bila sobat ingin membackup semua aplikasi yang ada pada smartphone, sobat tinggal centang kotak sebelah backup dan tekan Backup untuk memulai dan tunggu beberapa saat hingga proses selesai.
  4. Setelah proses selesai, maka aplikasi yang telah sobat backup tadi akan berada dibagian Archived.
  5. Bagi sobat yang ingin mengembalikan kembali aplikasi yang sudah dibackup tadi, sobat tinggal pilih aplikasi mana yang ingin dikembalikan, lalu tekan Restore, disini Saya akan merestore aplikasi ColorNote yang sudah saya backup tadi dan tunggu beberapa saat hingga penginstalan selesai dilakukan.
  6. Bila sobat sudah melakukan penginstalan aplikasi yang sudah dibackup tadi, lalu sobat lihat aplikasi yang sudah di kembalikan tadi apakah sudah ada atau belum, bila tidak ada, sobat tinggal ulangi install aplikasi dengan menekan restore kembali.
Perlu diingat bahwa data yang sudah tersimpan pada aplikasi yang akan sobat backup ini tidak akan ikut terbawa backup, karena yang akan terbackup itu hanya aplikasi saja, tidak beserta datanya, maka dari itu sobat harus memindahkan data aplikasi agar tidak harus mengunduh data kembali.

Sebelum membackup aplikasi, pilihlah terlebih dahulu dimana sobat akan menympan aplikasi yang ingin dibackup itu, apakah di memori internal atau di kartu SD, caranya sobat bisa ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Buka terlebih dahulu aplikadi App Backup & Restore, lalu tekan titik tiga yang ada di sudut kanan atas.
  2. Setelah itu, silahkan sobat tekan settings dibagian paling atas.
  3. Kemudian sobat cari dan tekan Backup Path  untuk mengatur penyimpanan file backup aplikasi. 
  4. Setelah masuk ke Edit Backup Path, silahkan sobat pilih tempat untuk menyimpan aplikasi backup, untuk sobat yang ingin menyimpan aplikasi backup didalam kartu SD, silahkan pilih /storage/sdcard0/, sedangkan untuk menyimpan di memori internal, silahkan pilih /storage/emulated/0/. Untuk sobat yang ingin memilih sendiri tempat penyimpanannya, silahkan centang kotak Edit Full Path dan atur sesuai keinginan sobat lalu tekan tombol Save untuk menyimpan pengaturan backup.
Itulah Cara untuk membackup aplikasi dan game di android menggunakan aplikasi App Backup & Restore. Bila mana sobat memiliki cara lain atau pertanyaan untuk backup aplikasi maupun game di android, jangan sungkan untuk menulisnya dikolom komentar.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Cepat Backup Aplikasi & Game di Android"